2 Tantangan game online Bagi Kaum Milenial

Tantangan game online Bagi Kaum Milenial

Tantangan game online Menurut Wikipedia, Milenial merupakan kelompok demografi setelah Generasi X. Tidak ada batas waktu yang pasti untuk awal dan akhir dari kelompok ini. Namun beberapa ahli menyebutkan bahwa yang termasuk anggota Milenial  memiliki tahun kelahiran dari pertengahan tahun 1990-an sampai dengan awal tahun 2000-an. Generasi Milenial merupakan para pemuda yang ahli dalam menggunakan teknologi. Karena hal ini mereka dapat lebih maju daripada generasi sebelumnya.

1. Tantangan game online dan Kemajuan Game Online

Kemajuan ini dapat membawa perubahan yang baik bagi bangsa. Berbagai hal dapat diketahui  yang akan menambah wawasan kita. Wawasan yang baru akan memberikan ide kreatif dan inovatif. Pemikiran kreatif dan inovatif dapat membawa dunia ke arah yang lebih baik. Namun tak semua kemajuan ini membawa dampak positif bagi generasi tersebut. Jika tak bisa mengendalikan teknologi tersebut dengan baik, maka diri sendiri yang akan dikendalikan oleh teknologi tersebut.

Maksud dari mengendalikan teknologi yaitu membuat teknologi tersebut hanya akan memberikan dampak positif bagi kita, smartphone yang semula dapat meningkatkan Kreativitas namun juga dapat membuat kita lebih malas seperti, keenakan akan dalam bermain game online hingga lupa waktu untuk belajar ataupun bekerja.dilansir dari  “http://www.smartprimaqualita.com”www.smartprimaqualita.com dampak negatif game online yaitu, Membuat kecanduan berlebihan dan Lupa segala hal, Menurunkan kebugaran tubuh, Membuat malas,Sulit berkonsentrasi dalam pelajaran/pekerjaan, Merusak mata dan juga saraf, Berkurangnya sosialisasi, Sulit berekspresi dan berinteraksi, Berpotensi menimbulkan stress jika mengalami kekalahan terus-menerus,

2. Game online merupakan perkembangan dari mobile game yaitu  :

  1. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Permainan_video“permainan video yang dimainkan pada
  2. “https://id.m.wikipedia.org/w/index.php?title=Telepon_fitur&action=edit&redlink=1″telepon fitur
  3. “https://id.m.wikipedia.org/wiki/Ponsel_cerdas”telepon pintar
  4. “https://id.m.wikipedia.org/w/index.php?title=Arloji_pintar&action=edit&redlink=1″arloji pintar
  5. “https://id.m.wikipedia.org/wiki/Asisten_digital_pribadi”asisten digital pribadi
  6. “https://id.m.wikipedia.org/wiki/Komputer_tablet”komputer tablet
  7. “https://id.m.wikipedia.org/w/index.php?title=Pemutar_suara_digital&action=edit&redlink=1″pemutar suara digital, dan
  8. “https://id.m.wikipedia.org/wiki/Mesin_hitung”kalkulator

(sumber : Wikipedia)

Seiring perubahan waktu mobile game pun berubah yang semula hanya game offline, kini ada juga yang online. Sebenarnya dalam bermain game online juga memiliki dampak positif seperti, Menambah Aktivitas Otak, Melatih Rasa sportif Terhadap Lawan, melatih Kerja sama sebagai Tim, Membiasakan Diri dengan Lebih dari Satu Aktivitas, menghibur Diri dengan Aktivitas Berbeda dan lain sebagainya.

Namun jika keseringan dalam bermain game , tentu akan membawa dampak negatif seperti kurangnya rasa disiplin dan tanggung jawab Oleh karena itu, dalam menggunakan teknologi kita harus bisa mengendalikan teknologi bulan sebaliknya pelajar ataupun pekerja.

Selain Keseringan bermain game akan membuat kecanduan .terlalu banyak bermain game dapat merusak penglihatan . Dilansir dari kompas. Com, riset dari Harvard membuktikan bahwa sinar biru telah lama diidentifikasikan sebagai sinar yang paling berbahaya bagi retina.

Bermain  game juga dapat membuat kita malas bergerak,  kurang menerapkan pola makan sehat,jika hal ini terus dipertahankan maka dapat meningkatkan resiko  penyakit obesitas dan berbagai penyakit pencernaan.Penyakit lain dari terlalu sering bermain game yaitu sindrom quervain. Sindrom ini disebabkan oleh aktivitas yang berfokus pada gerakan tangan berulang. Penyakit ini menyebabkan peradangan tendon.

Dilansir dari m.brillio.net menghindari dampak negatif game online dapat dilakukan dengan cara :Buat batas waktu untuk bermain, Memiliki aktivitas di luar atau mencari kegiatan di sekolah,Lebih dekat dengan keluarga, dan Kuatkan tekad.dengan cara atau tips tersebut, semoga kita bisa menghindari dampak negatif dari game online. Menghindari game online bukan berarti kita harus berhenti dalam bermain game online, tapi kita hanya mengurangi waktu dalam bermain game online. Semoga Allah menjadikan kita Milenial yang berguna Bagi agama, bangsa, dan negara.aamiin, aamiin ya rabbal alamin.

Tinggalkan Balasan